Kamis, 18 Juni 2009

MENU SEIMBANG BAGI ANAK

Anak adalah kesempurnaan dalam kehidupan rumah tangga, anugerah terindah yang tak kan tergantikan oleh apapun juga. Ada dan ketiadaan seorang anak dalam sebuah ikatan pernikahan atau kehidupan rumah tangga mau atau tidak mau akan mempengaruhi keharmonisan sebagian besar rumah tangga. Untuk itulah, anak hendaknya menjadi satu aset berharga setiap orang tua yang harus senantiasa dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan dan hendaknya dilakukann oleh setiap orang tua adalah dengan memberikan asupan makanan yang berkualitas. Kebutuhan akan menu seimbang merupakan satu hal yang pasti pada setiap anak. Oleh karena itu, tidak salah jika setiap orang tua senantiasa memperhatikan dan memberikan menu makan seimbang bagi anak mereka. Permasalahannya adalah, seperti apakah menu makan yang disebut dengan menu yang seimbang tersebut? Makanan apa sajakah yang harus terdapat di dalam menu seimbang tersebut?

Yang dimaksud dengan menu seimbang adalah menu makan yang di dalam bahan makanan tersebut terkandung zat-zat sebagai berikut:

1. Karbohidrat
Hendaknya anak mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup melalui makanan yang dikonsumnsinya. Karbohidrat banyak terdapat pada nasi, roti, sereal, dan kentang, yang tentunya dapat kita berikan kepada anak secara bergantian. Bahan makanan tersebut juga dapat dijadikan sebagai menu tambahan atau menu sampingan (makanan ringan) bagi si anak sehingga anak tidak akan mudah bosan.

2. Buah dan Sayur
Banyak sekali jenis buah-buahan dan sayur-mayur yang dapat dikonsumsi anak, sehingga tidak monoton. Aneka buah-buahan dan sayur-mayur tersebut dapat disajikan dengan berbagai cara. Untuk buah-buahan dan diberikan secara langsung atau juga dapat diolah dengan aneka bentuk olahan, misalnya dibuat jus dan lain-lain tergantung kreatifitas orang tuanya. Sedangkan sayur-mayur dapat dihidangkan dalam berbagai jenis sayuran masak, misalnya dibuatkan sayur bening, sayur sop dan lain-lain.

3. Susu dan Produk olahannya
selain ASI, susu buatan juga bagus untuk dijadikan sebagai menu tambahan. Selain itu, produk-produk makanan berbahan dasar susu juga dapat dikonsumsi sebagai asupan kalsiumnya.

4. Protein
Protein banyak terdapat pada bahan-bahan makanan seperti ikan, susu, daging, telur, dan kacang-kacangan. Bahan-bahan makanan tersebut tentunya sangat mudah untuk didapatkan, karena merupakan jenis bahan makanan yang sudah umum. Yang perlu diperhatikan di sini adalah adalah alergi pada anak ketika mengkonsumi bahan-bahan makanan berprotein tersebut. Kalau memang terjadi alergi, hendaknya hentikan mengkonsumsi bahan makanan tersebut, ganti bahan makanannya atau konsultasikan ke dokter spesialis anak.

detikInet

GUESTBOOK