Senin, 08 Juni 2009

ANALISIS PIECES

Berikut ini adalah contoh hasil analisa terhadap sistem informasi akademik perguruan tinggi XYZ dengan menggunakan analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Effiency, Services).

Analisis Performance / Kinerja


Masalah Kinerja terjadi ketika tugas – tugas yang dijalankan oleh sistem mencapai sasaran. Kinerja diukur dengan jumlah produksi dan waktu tanggap. Jumlah produksi adalah jumlah pekerjaan yang dilaksanakan selama jangka waktu tertentu. Waktu tanggap adalah keterlambatan rata- rata antara suatu transaksi dengan tanggapan yang diberikan kepada transaksi tersebut.


Melihat dari pengertian diatas, SIA yang ada di dalam PT XYZ telah memiliki kinerja yang baik karena telah dapat memberikan waktu tanggap yang cepat kepada User (mahasiswa, dosen, dll) yang membutuhkan informasi dan juga dapat menghasilan / produksi informasi dengan cepat ketika user-user membutuhkan informasi.


Analisis Information / Informasi


Informasi merupakan komoditas yang penting bagi pemakai akhir. SIA yang ada dalam PT ZYX telah menghasilkan informasi yang baik. Karena Informasi yang dihasilkan telah dapat memenuhi keinginan dari pengguna dan juga dapat mengatasi masalah – masalah yang ada. Informasi yang ada ini pun dapat dimanfaatkan oleh pihak internal atau pihak external.


Pihak internal, adalah pihak yang langsung terkait seperti mahasiswa yang ingin registrasi atau mengubah jadwal atau pun ingin melihat jadwal perkuliahan yang di butuhkan atau diperlukan oleh siswa. Dosen yang dapat melihat jadwal mengajar atau siswa – siswa yang termasuk dalam kelas yang di ajar.


Pihak External, adalah pihak yang tidak terkait langsung tapi dapat memanfaatkan sistem informasi tersebut. Dalam contoh ini, orang tua. Orang tua dapat melihat SIA tersebut melalui internet. Seperti Staf pengajar (nama –nama dosen), mata kuliah per semester yang ditawarkan atau juga nilai yang dapat dilihat melalui internet untuk pengawasan dari orang tua.

Analisis Economic / Ekonomi


Ekonomi merupakan motivasi paling umum bagi suatu lembaga. Pijakan dasar bagi kebanyakan manajer adalah biaya yang murah. SIA pada PT XYZ mempunyai biaya yang relatif murah tetapi dapat mempunyai hasil kerja yang baik.


Contoh, biaya yang di keluarkan untuk jaringan pemakaian peralatan – peralatan dan juga penyewaan ISP masih cukup relevan dengan hasil yang diharapkan. Jaringan komputer yang menghubungkan suatu gedung dengan gedung yang lain dapat menghemat waktu untuk pengambilan file – file yang tersebar penyimpanannya atau juga hubungan dari kantor pusat dengan kantor – kantor yang cabang yang dapat terhubung dengan cepat melalui intenet. Harga – harga yang masih cukup terjangkau untuk pembelian peralatan seperti Server

, PC, Switch., dll.

Analisis Control / Kontrol


Tugas – tugas dari SIA perlu di monitor dan dibetulkan jika ditemukan adanya kinerja yang di bawah standar. Kontrol dipasang untuk meningkatkan kinerja sistem, mencegah atau mendeteksi penyalahgunaan atau kesalahan sistem dan menjamin keamanan data.


SIA di PT XYZ telah memilii kontrol yang baik, walaupun hal ini tidak menjamin SIA tersebut 100% aman. Setiap orang yang melakukan Akses ke dalam sistem SIA harus memiliki password untuk menjaga keamanan. Memiliki Hak akses yang bertingkat, mulai dari level terendah sampai dengan level tertinggi.


Untuk pengaman keluarpun SIA telah menggunakan sistem firewall yang dan juga backup data yang terus menerus dilakukan. Untuk menghindari kehilangan data jika terjadi serangan ke dalam oleh pihak luar. Seperti melalui internet.

Analisis Effiency / Efisiensi


Efisiensi berhubungan dengan bagaimana sumber tersebut digunakan dengan pemborosan yang minimal. Oleh karena itu, masalah efisiensi membutuhkan peningkatan output / hasil. SIA di PT XYZ telah memiliki efisiensi yang baik, karena sistem yang ada telah dapat di daya gunakan dengan baik dan juga telah dapat menghasilkan output seusai dengan yang diharapkan.


Seperti pemakaian jaringan yang efisien, walaupun untuk membangun jaringan yang mendukung SIA tersebut membutuhkan Biaya, pikiran dan tenaga dari pihak lembaga.


Pelayanan informasi yang cepat tanpa mengurangi hasil yang ingin di capai, dapat menunjukkan bahwa SIA yang ada dapat digunakan secara efisien.

Analisis Services / Pelayanan


Pelayanan yang ditingkatkan, untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa, karyawan atau pimpinan, dll. SIA di PT XYZ telah memberikan layanan yang baik kepada mahasiswa, karyawan atau pimpinan. Mahasiswa yang dapat melakukan sistem registrasi jarak jauh sehingga memudahkan mahasiswa. Dosen yang dapat melihat Mata kuliah yang di tawarkan melalui Website atau pimpinan yang dapat melihat berapa banyak jumlah siswa yang registrasi.


Pelayanan yang baik dapat mencermikan suatu lembaga itu baik atau tidak baik, sehingga pelayanan harus juga diperhitungkan secara baik.

detikInet

GUESTBOOK